Jumat, 14 Desember 2012

DUA MACAM MUSIM DI INDONESIA

 Dua Macam Musim Di Indonesia
Tahukah anda bahwa di Indonesia terdapat 2 macam musim, yaitu :

  •     Musim hujan
  •     Musim kemarau
Musim Hujan
Musim hujan adalah musim dengan ciri meningkatnya curah hujan di suatu wilayah dibandingkan biasanya dalam jangka waktu tertentu secara tetap. Musim hujan hanya dikenal di wilayah dengan iklim tropis. Secara teknis meteorologi, musim hujan dianggap mulai terjadi apabila curah hujan dalam tiga dasarian berturut-turut telah melebihi 100mm per meter persegi per dasarian dan berlanjut terus. Apabila hal ini belum terpenuhi namun curah hujan telah tinggi kondisinya dianggap sebagai peralihan musim (pancaroba).

Di daerah tropis musim hujan bergantian dengan musim kemarau (musim kering) dan sangat dipengaruhi oleh pergerakan semu matahari tahunan. Pergerakan matahari mengubah peta suhu udara dan permukaan tanah dan samudera. Pada gilirannya perbedaan suhu akan mengubah konsentrasi uap air di udara. Biasanya musim hujan terjadi pada bagian bumi yang tengah mengalami posisi zenith peredaran semu matahari.

Kapan terjadinya musim hujan?
Musim hujan biasanya terjadi pada bulan Oktober sampai bulan Maret.

Musim Kemarau
Musim kemarau adalah musim yang pada suatu wilayah mengalami kekurangan air. Musim kemarau ini biasanya ditandai dengan tidak adanya hujan dalam kurun waktu yang cukup lama.

Kapan terjadinya musim kemarau?
Musim kemarau biasanya terjadi pada bulan Maret sampai bulan September
Sumber: http://pelajaran-pelajaran.blogspot.com/2008/02/dua-macam-musim-di-indonesia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar