Sabtu, 08 Desember 2012

RAHASIA PENULIS

ahasia penulis untuk mendapatkan ide / inspirasi tulisannya, Rahasia???
sebenarnya bukan rahasia, saya yakin pasti anda sering mendapatkan ide dan inspirasi namun tidak tau cara memanfaatkannya. ide atau inspirasi bermunculan begitu saja pada waktu-waktu tertentu dan hilang dengan begitu mudahnya juga. Rahasia ini dituliskan berdasarkan pengalaman pribadi penulis, ide muncul pada saat dimana kita tak pernah mencari ide tersebut dan tak tanggung-tanggung pula ide terapung dengan mudahnya didalam otak dan menari-nari membuat kita mengebu-ngebu bersemangat menuangkan ide tersebut ke dalam bentuk tulisan.
Kenapa artikel ini di beri judul Rahasia Penulis Untuk Mendapatkan Ide Tulisannya?

Rahasia penulis untuk dengan mudahnya membuat tulisan dan cepat silahkan baca tentang Rahasia Terbesar Dunia penulisan. Sebenarnya anda takan pernah habis untuk menemukan sumber ide / inspirasi, jadi ini bukan rahasia lagi. ide selalu ada bahkan ketika anda sama sekali tak memikirkanya. Penulis yakin bahwa anda takan pernah kehabisan ide, kenapa? Karena Tuhan memberikan manusia indera, dan karena itu manusia selalu menangkap segala sensasi baik yang nyata maupun sekedar refleksi. Berikut sifat rahasia dari Ide dan inspirasi yang ada pada penulis:

    (rahasia ide penulis) “Ide Itu, Genit !”

Maksudnya, ide datang tiba-tiba kemudia merayu anda untuk menulis dan membisikan banyak kata-kata romantis yang membuat anda merespon ide tersebut. Ketika anda merespon dan langsung bangun untuk mulai menulis-kan bisikan ide tadi, pasti ide tersebut langsung pergi lagi, itulah yang dikatakan ide itu genit dan perayu tangguh juga tidak kalah sama playboy. :D

Kalo mau belajar merayu sama ide atau inspirasi anda aja deh ! hehehe :D

Jadi usahankan ketika suatu ide datang anda langsung tuliskan inti dari ide tersebut saja baik di kertas kecil maupun di buku, tulislah inti atau poin yang paling penting saja karena nanti lainnya akan mudah jika poin inti sudah ditemukan penulis.

    (rahasia ide penulis) “Ide Itu, Pemalu dan Sok dibutuhkan !”

Maksudnya, seperti yang telah dijelaskan tadi ide muncul pada saat anda tak memperdulikannya dan hilang bahkan tak ada waktu anda mencari-cari nya. ide itu pemalu dan sok dibutuhkan. Jadi intinya sewaktu ingin menulis jangan pikirkan apa-apa tulis saja apa yang keluar nanti ide akan datang sendiri kembali sebab ide tersebut merasak sudah tak dibutuhkan, pada saat ide itu datang manfaatkan lah dia dan tulislah apa yang ide tadi bisikan dengan cepat setelah semua selesai baru anda perbaiki tulisan dibagian mana yang agak kurang efektif kata-katanya. :D

Jika ingin mengtahui cara menulis dengan cepat dan efektif saya sarankan anda membaca tentang Rahasia Terbesar Dunia penulisan, karena pasti sangat berguna.

    (rahasia ide penulis) “Ide itu, Ada di dalam diri anda !”

Maksudnya, Anda seringkali merenung untuk menemukan ide yang tersimpan di dalam otak anda. Ide tersebut bisa jadi berasal dari pengalaman pribadi dan berhubungan dengan kehidupan sang penulis (baik dari segi karakter maupun situasi). Ide atau inspirasi dari dalam kadangkala bersifat melintas, mengalir begitu saja dalam pikiran sang penulis, bahkan ketika tidak ada niat sama sekali untuk mencarinya seperti yang telah dijelaskan diatas.

    (rahasia ide penulis) “Ide Itu, ada banyak diluar !”

Dunia menawarkan berbagai macam warna, cerita dan problema. Segala kejadian adalah inspirasi bagi penulis. Ingin menulis cerpen tapi bingung bagaimana ceritanya??

Coba anda buka koran, dan pilihlah salah satu beritanya!, kemudian coba anda pelajari pasti berita tersebut merupakan sebuah peristiwa yang dapat diceritakan. Sekarang anda tinggal ubah saja latar, tokoh, dan semacamnya. Bila inspirasi tak juga didapat, ajaklah seseorang berbicara. apa saja yang dia bicarakan mungkin bisa jadi inspirasinya atau kalau mau instan tanya saja “eh, ada ide tulisan gak? ” :D

Sumber ide sangat banyak, bukan sekedar rahasia lagi. Coba anda teliti banyak novel yang diangkat dari suatu kejadian disuatu tempat atau wilayah misalkan Bencana Tsunami, penulis mencarikan cerita dari pengalaman nyata para korban dan kemudian dikembangkan untuk dijadikan sebuah cerita cerpen, novel, bahkan dapat difilmkan. Pasti banyak sekali pendapatan yang didapatkan dengan hanya bermodal pengalaman orang lain yang dirilis kembali. Maka tidak salah jika dikatakan pengalaman itu sangat berharga. Jadi, carilah ide diluar kehidupan anda, jangan selalu memikirkan ide atau inspirasi pada diri anda saja. Penulis yakin pasti anda akan mendapatkan banyak sangat ide untuk sebuah tulisan. :)

Sumber:  http://penulissuper.wordpress.com/2012/02/18/rahasia-penulis-untuk-mendapatkan-ide-tulisannya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar